Senin, 30 Maret 2015

KOMUNIKASI

Komunikasi tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, namun sayangnya tidak semua manusia dapat berkomunikasi dengan efektif.
Bagaimana cara agar komunikasi berlangsung secara efektif?



·        Mendengarkan.  Jadilah pendengar yang baik untuk lawan bicara atau lingkungan sekitar. Komunikasi bukan hanya berbicara melainkan saling bertukar apa yang ada dalam benak. Hargai lawan bicara saat berkomunikasi dengan kita dan tanggapi komunikasi tersebut.

·        Berfikir sebelum Berbicara. Sebelum memulai atau berbicara dengan lawan bicara atau berkomunikasi, fikir sebelum berbicara. Maksudnya berbicara dengan bahasa yang baik dan benar agar lawan bicara tidak tersinggung dan menyebabkan konflik antara komunikator. Ada pepatah “ Mulutmu, Harimaumu!

·        Kesopanan. Jaga kesopanan dalam berbicara. Sopan tidak hanya dalam penampilan dan cara hidup. Dalam berkomunikasi menjaga kesopanan agar lawan bicara saat berkomunikasi menghargai pendapat kita, dapat menilai kesopanan kita dalam kehidupan sehari hari

·        Humor. Homur. Saat berkomunikasi, sisipkanlah homur atau candaan dalam pembicaraan agar lawan bicara dapat mendapat kenyamanan dalam pembicaraan, tidak monoton atau terlau serius. Karena jika terlalu serius, lawan bicara tidak akan menerima komunikasi yang diberikan.


·        Bahasa Tubuh. Saat berbicara atau berkomunikasi gunakan bahasa tubuh. Seperti tangan digerakan agar komunikasi dapat diterima oleh pendengar dengan bagus dan cermat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar