Sabtu, 26 Maret 2016

Berlibur Ke Pulau Harapan

Pada liburan kenaikan tingkat pada Semester 2, Saya dan beberapa teman sekelas merencanakan perjalanan liburan 2 hari 1 malam ke pantai. Pada awalnya kami bingung untuk melakukan liburan ke pantai mana. Beberapa temanku ada yang menyarankan untuk ke anyer, pangandaranm pelabuhan ratu dan pulau seribu. Beberapa hari kami berfikir untuk melakukan liburan kemana, akhirnya keputusan kami adalah melakukan liburan ke Pulau Harapan yang berada di kepulauan seribu, Jakarta Utara.
            Jumat 8 Agustus 2014 pukul 22.30 WIB, saya berangkat kerumah teman saya untuk menginap dikarenakan untuk menuju pulau harapan harus menggunakan Kapal yang berangkat jam7 pagi dari pelabuhan muara angke Jakarta Utara. Sesampainya dirumah teman Saya yaitu Dika, beberapa teman saya sudah sampai terlebih dahulu. Karena niat untuk menginap sebelum berangkat, Kami pun tidak tidur. Ada yang nonton, ngopi sampai pagi, tidur-tiduran, membuat tatto temporary dan lain lain. Menunggu datangnya pagi, kami pun mempersiapkan apa saja yang akan dibawa ke pulau harapan seperti kacamata renang, sunblock, baju buntung dan perlengkapan lainnya.
            Keesokan harinya pada jumat pagi pukul 4.30 WIB, kami berenam belas orang berangkat dari rumah Dika. Pada waktu yang cukup pagi itu Kami berfikir kendaraan umum masih sepi. Sedikit santai menuju stasiun Pondok cina di depok pada pukul 5.00 WIB, kami cukup kaget dikarenakan KRL menuju Jakarta Kota itu sudah ramai penumpang. Mulai dari karyawan kantor yang ingin bekerja, anak sekolah yang berangkat dari Bogor menuju Jakarta, dan masih banyak  beberapa orang yang melakukan produktifitas pada pagi buta itu. Memakan waktu 1 jam untuk mencapai Stasiun Jakarta kota, Kami menyewa angkot untuk menuju pelabuhan Muara angke. Lumayan jauh letak pelabuhan karena berada di dalam pasar ikan. Dalam waktu setengah jam, Kami semua sampai di pintu gerbang Pasar Ikan Muara Angke. Banyaknya penjual ikan dan pembeli membuat macet dijalan. Akhirnya kami pun tiba di Pelabuhan untuk melakukan penyebrangan ke pulau seribu.
Sesampainya di pelabuhan, kami langsung menuju kapal untuk melakukan penyebrangan. Kapal pun berangkat 8.15 WIB. Dikabarkan penyebrangan memakan waktu 3 jam dikarenakan posisi pulau harapan bertepat paling jauh dari pelabuhan. Goyangan kapal sangat terasa pada saat melalui ombak yang lumayan membuat mual dan pusing karena tidak terbiasa akan goyangan yang terus menerus. Binung untuk menghabiskan waktu dikapal, kami pun tidur karena semalam suntuk kami tidak tidur. Tertidur cukup lama, Saya terbangun karena sudah hampir sampai Pulau Harapan

Pemandangan yang sangat indah membuat mata lansung melotot. Saya pun sangat tidak sabar untuk sampai. Beberapa saat kemudian Kami sampai di pulau harapan. Sangat tenang disini karena tidak ada suara bising kendaraan yang ada di pusat kota, ramahnya penduduk sekitar membuat hati menjadi nyaman berada disini.

Sesampainya di Pulau harapan, kami langsung menuju Home Stay untuk menaruh barang bawaan dan sebagainya. Tak membuang waktu lama, Kami pun langsung menuju Pantai untuk menikmati indahnya pemandangan yang tidak dapat kita jumpai di Kota.

Pada pukul 13.00 WIB, Kami pun di ajak oleh seorang bapak yang akan memandu liburan Kami. Menuju kapal kecil untuk Snorkling, mengunjungi pulau yang berada di sekitar pulau.

Setelah selesai melakukan perjalanan ke beberapa pantai, Kami pun kembali ke Home Stay untuk beristirahat. Pada malam hari, ada beberapa Pemuda yang mengajak Kami untuk membakar Ikan dan Cumi untuk di santap bersama sama. Karena Saya tidak menyukai makanan laut, Saya putuskan untuk tidur karena sangat lelah beraktifitas sehari penuh.

Pada pagi hari, Semua bangun untuk merapihkan barang barang bawaan. Setelah rapih, Kami pun kembali ke pantai untuk berfoto foto. Sangat menakjubkan berada di pulau yang sangat indah ini. Tak rela waktu sudah saatnya kembali ke Depok, Kami pun menghabiskan waktu di pinggir pantai. Waktu pun sudah menujukan Pukul 13.00 WIB. Kami pun kembali menuju kapal untuk pulang.  Sungguh salah satu pengalaman yang tidak terlupakan bersama sahabat.